Tips and tricks Hemat dalam Belanja


Penyakit utama cewek itu biasanya sama, gemar belanja! (mending kalau gemar menabung). Hayo jangan nyangkal... kamu kalau ke pasar, ke swalayan, ke mall, atau ke tempat belanja lainnya pasti lama- lama kan? Entah itu cuman liat- liat, milih – milih atau sibuk memborong. Nah, biasanya lho kalau sudah pilih sana – pilih sini trus berikutnya lupa diri. Walhasil, jatah sebulan amblas dalam sehari....
Nah berikut ini adalah tips and tricks agar kamu bisa mengandalikan keuanganmu supaya kagak amblas tertelan belanjaanmu.Coba aja praktekin semoga berhasil!
1.             Sisihkan 50% dari uangmu untuk kebutuhan utama
Misalnya kebutuhan utama kamu adalah uang bensin , uang makan, dan uang kebutuhan bulanan. Misalnya untuk membeli sabun pembersih, pembalut, dan lain- lain yang sekiranya bakal habis dalam sebulan. Nah, sisihkan 50% uangmu, atau kalau misalnya kurang hitung total keseluruhannya. Jika anggarannya lebih dari 50% maka sebisa mungkin kamu harus pangkas kebutuhan utama yang tidak begitu dibutuhkan.
2.             10% untuk tabungan
Budayakan menabung mulai sekarang juga! Percaya atau tidak (harus percaya), uang hasil tabungan bisa sangat berharga ketika ada kebutuhan yang tak terduga misalnya saja, tiba- tiba motormu rusak atau kamu sakit dan perlu berobat ke dokter, dll.
3.             10% untuk investasi
Kamu tahu investasi apa yang dimaksud? Yaap, tentu saja investasi akhirat yaitu sedekah. Sebagai manusia yang bersyukur atas karunia dan rezeki dari Allah yang diberikan kepada kita sedekah adalah jalan utamanya. Harap kamu ingat benar- benar bahwa harta kita yang sesungguhnya adalah sedekah kita karena kita tidak akan mati dengan membawa harta.
4.             10% untuk asuransi
Ini kalau perlu dan kalau kamu sudah mengerti asuransi, kalau nggak bagian 10% ini kamu sisihkan buat keperluan mendadak. Dengan begitu tabungan kamu bisa aman dan dapat digunakan untuk membeli sesuatu yang kamu butuhkan suatu saat nanti. Jika 1 bulan ternyata tidak ada kebutuhan mendesak, maka masukkanlah 10% itu kedalam tabunganmu.
5.             20% untuk lainnya
Inilah bagian yang boleh kamu gunakan buat beli macam-macam barng belanjaan. Misal, beli baju, tas, buku, dan lain- lain. Kalau keinginanmu untuk membeli barang terlalu banyak kamu harus selektif yang mana yang perlu diutamakan untuk dibeli pada bulan ini selebihnya beli aja di bulan berikutnya. Dengan demikian, kamu nggak akan kehabisan uang di tengah bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar